Rabu, 28 April 2010

Aqidah Asy'ariyah dalam Ahlussunnah waljama'ah

Banyak orang islam tidak tahu madzhab Asyai’roh(jama’ dr Asy’ary)dan tidak kenal siapa mereka sebenarnya..?apa jalan ideologi mereka?bahkan sebagian kelompok ada yg menggolongkan mereka kedalam kelompok sesat dan menuduh mereka telah keluar dr rel Agama.

Kebodohan ttg mereka ini menyebabkan tercabik2nya faham Ahlussunnah dan mencerai beraikan kekuatannya,sehingga ada sebagian kelompok yg memposisikan faham Asy’ariyah ke dalam kelompok sesat.

Padahal asya’iroh(pengikut2 Asy’ari)adalah para imam pembawa panji2 hidayah dari kelompok para ulama kenamaan,dimana ilmu mereka meliputi dunia islam dari belahan timur sampai barat,sehingga seluruh orang sepakat untuk memulyakan dan mengakui keutamaan,ilmu,agama mereka.Mereka sudah barang tentu dari kelompok para Ulama besar dan ulama yg menempati level tertinggi dr jajaran ulama Ahlussunnah waljama’ah yg mulia2 dan berhadapan langsung untuk menghadang penyelewengan ajaran Mu’tazilah.

Mereka adalah orang2 yg seperti dikatakan oleh Syaikhul islam ibnu Taimiyah dalam Fatawanya (juz 4)…Para ulama adalah pembela ilmu2 Agama dan ‘Asya’iroh adalah pembela dan penegak ushuluddin(sendi2 Agama).
Mereka tdk lain kecuali ulama Muhadditsin,fuqoha’,mufass

irin…Spt Syaikhul islam ibnu Hajar Al’asqolany dimana beliau sbg guru besar para Ahli hadits,pengarang kitab fathulbari’ syarah Shohih Bukhory adalah seorang yg bermadzhab Asy’ary,dan kitabnya yaitu fathulbari tidak seorang pun dr para ulama yg tidak membutuhkannya.Begitu pula Syaikhu Ulamai Ahlissunnah Al imam Abu Zakariya Annawawy pengarang kitab Syarah Shohih Muslim(17 jilid)jg kitab2 Masyhur yg lainnya adalah pengikut Faham Asy’ary.Juga Syaikhulmufassirin(guru besar para ahli Tafsir)imam Alqurthuby pengarang aljami’ li ahkaamil qur’an adalah penganut faham Asy’ary.
Syaikhul islam Ibn Hajar Al Haitamy pengarang kitab azzawajir an iqtirofil kabair,fatawa Haditsiyah adalah bermadzhab Asy’ary,Syaikhulfiqhi walhadits Al Imam al Hujjah Zakariya al Anshori beliau bermadzhab Asy’ary.
Imam Abu bakar Albaqillany,Annasafy,Assyarbiny,Abu Hayyan attauhidy pengarang tafsir al bahrulmuhith…Dll semuanya adalah imam2 madzhab Asy’ary.
Tentunya kalau disebut satu persatu dr petinggi2 Muhadditsin,mufassirin,fuqoha’ yg berhaluan aqidah Asy’ariyah maka membutuhkan sebuah buku tebal berjilid2.

Maka dimanakah letak kebaikan kita kalau kita menuduh sesat thd Ulama2 kaliber dunia dan para Salaf2 yg Shaleh spt mereka.

Lalu bagaimana mungkin Allah Swt akan membuka hati kita untuk menimba ilmu2 mereka sementara kt menganggap mereka sesat dan menyimpang..?
Sekarang aku bertanya,siapa diantara para Profesor,doktor dan ilmuan zaman sekarang yg sebanding dg Imam Ibnu Hajar dan imam Nawawi dalam berkhidmat thd Sunnah Nabi saw Yg suci,spt apa yg pernah beliau lakukan…?Lalu mengapa kita tuduh beliau2 dan Asyairoh yg lain Sesat sementara kita membutuhkan ilmu2 mereka…?
Bagaimana bisa kita mengambil ilmu mereka bila mereka menyimpang.Padahal imam Azzuhry mengatakan “ilmu ini adalah Agama,maka perhatikanlah dr siapakah kalian menimbanya” kalau seandainya imam Nawawi ,al asqolany,alqurthuby,albaqillany,alfakhrurrozy ,alhaitamy,Zakariya al Anshory dan lain2 dari Ulama2 besar itu semua bukan Ahlussunnah waljama’ah lalu siapakah gerangan Ahlussunnah waljama’ah..?
Oleh karena itu saya mengajak dg tulus kepada para da’ie dan org2 yg berkecimpung dlm da’wah islamiyah untuk takut kepada Allah swt dlm memperlakukan umat Nabi saw,terlebih para ulama yg agung dan fuqoha pilihan,maka umat Nabi saw selalu dlm kondisi baik sampai Qiyamat.
Maka kita tdk baik sedikitpun bila tidak mengenal pangkat derajat dan keutamaan para Ulama kita.
(sumber:Mafahim yajibu an Tushohhah hal38-40,Assayid Al muhaddits Al Allamah Muhammad bin Alwy Alhasany Al Maliky)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar