Jumat, 30 April 2010

fadhliah membaca Maulid Nabi saw

Fadhilah(keutamaan)memperingati/membaca Maulid Nabi Muhammad saw menurut para ULAMA. Oleh:ABU FALETEHAN AHMAD RIFQI.

Bismillahirrahmaanirrahiem
.....
AL IMAM AL MUHADDITS AL KABIR AL FAQIH AL 'ALLAMAH AHMAD BIN HAJAR AL HAITAMY(MUFTI MADZHAB SYAFI'IE DI MAKKAH wafat th 974 H) dalam kitab AL NI'MAT AL KUBRO 'ALA AL 'ALAM BERKATA...........:
1. Abu bakar asshiddiq ra berkata:barang siapa menginfaqkan dirham untuk bacaan maulid Nabi saw maka ia akan menjadi temanku di sorga.
2. Umar bin al Khoththob ra berkata:barangsiapa mengagungkan maulid Nabi saw (kelahiran Nabi saw) maka sungguh ia telah menghidupkan agama Islam.
3. Usman bin Affan ra berkata:barangsiapa yang menginfaq kan dirham untu pembacaan maulid Nabi saw maka ia seakan akan ikut serta perang Badar dan Hunain.
4. Ali bin Abi Thalib ra berkata :barangsiapa mengagungkan maulid Nabi saw dan mejadikannya sebab untuk pembacaan maulid Nabi saw maka ia tidak akan keluar dari dunia kecuali dalam keadaan beriman dan akan masuk sorga tanpa hisab.
5. Hasan al Bashri ra berkata:Aku suka kalau seandainya aku mempunyai harta emas sebesar gunung Uhud kemudian aku infaqkan untuk pembacaan maulid Nabi saw.
6. Junaid al Baghdady ra berkata: barangsiapa menghadiri maulid Nabi saw dan mengagungkan pangkatnya maka ia telah beroleh keimanan.
7. Ma'ruf al karkhy ra berkata:barangsiapa menyediakan makanan untuk pembacaan maulid Nabi saw dan mengumpulkan saudara saudaranya,menyalakan lampu,memakai pakaian baru dan wangi wangian karena mengagungkan maulid Nabi sawmaka Allah swt akan menggiringnya di Mahsyar kelak bersama rombongan pertama dengan para Nabi saw dan ia akan berada di sorga 'illiyiin yang paling tinggi.
8. Wahidu 'ashrihi dan faridu dahrihi al imam Fakhruddin al Razy berkata :barangsiapa membacakan maulid Nabi saw diatas garam,gandum dan makanan atau apapun kecuali keberkahan akan nampak jelas pada makanan itu dan tidak tinggal diam sehingga siapapun yang memakannya akan diampuni oleh Allah swt.
Dan bila dibacakan kedalam minuman siapa yang meminumnya maka hatinya akan dimasuki ribuan nur dan rahmat dan akan keluar dari hatinya seribu macam unek unek serta ribuan penyakit hati sehingga hati itu tidak mati ketika hati yang lainnya mati(keras dan tidak mendapat hidayah).
Barangsiapa membacakannya diatas uang dirham dan dinar kemudian uang tersebut dicampur dengan yang lainnya maka akan nampak keberkahannya sehingga dia tidak akan faqir dan tangannya tidak kosong karena BAROKAH NABI SAW.
9. Imam Assyafi'ie ra berkata : barangsiapa yang mengumpulkan teman temannya untuk maulid dan menyiapkan tempat serta berbuat kebaikan sehingga mejadi sebab dibacakannya maka Allah akan membangkitannya kelak di hari qiyamat dengan para shiddiqin,syuhada' dan shalihiin.
10. Assirri Assaqothy ra berkata :barangsiapa menuju tempat dimana dibacakan maulid Nabi saw maka berarti dia menuju sebuah TAMAN SORGA sebabtujuan tersebut tidak lain karena mahabbah kepada Nabi Saw.....
11. Sulthon Al 'arifin Al Hafidz Jalaluddin Assuyuthy ra dalam kitabnya "Al Wasail fi Syarh al Syamail" berkata :tidak ada satu rumah,masjid atau tempat bila dibacakan maulid Nabi saw melainkan tempat,rumah,masjid tersebut diliputi dan dilindungi para malaikat dan di doakan oleh para Malaikat tersebut dan diliputi rahmat oleh Allah swt beserta keridhoan Nya. Adapun malaikat yang bermahkotakan nur yaitu Jibril,Mikail,Isrofil dan Izroil maka mereka berdo'a untuk yang menjadi sebab atas dibacakannya maulid tersebut.
Beliau juga berkata :SIAPAPUN DARI ORANG ISLAM YANG MEMBACA MAULID NABI SAW DI RUMAHNYA MELAINKAN ALLAH SWT AKAN MENGHILANGKAN KRISIS,WABAH,TENGGELAM,MARABAHAYA,KEBENCIAN,DENGKI,PANDANGAN BURUK,PENCURIAN DARI SELURUH KELUARGA DI RUMAH ITU,MAKA APABILA DIA MATI ALLAH AKAN MEMUDAHKAN JAWABAN ATAS PERTANYAAN MUNKAR NAKIR DAN DIA AKAN DITEMPATKAN DI TEMPAT YANG ENAK DI SISI ALLAH SWT RAJA YANG MAHA KUASA.
Maka bagi siapapun yang ingin ta'dzim terhadap maulid Nabi saw cukuplah bagi dia alasan alasan seperti ini namun bagi yang enggan melakukan ta'dhim kepada maulid Nabi saw meskipun pujiannya setinggi langit dan se luas bumi maka hatinya tak akan tergerak untuk mencintai Nabi saw.
Mudah mudahan kita semua dijadikan oleh Alloh swt sebagai orang yang mengagungkan Nabi Nya dan orang yang mengerti pangkat dan kedudukannya juga sebagai orang yang khushush dari para pecintanya dan pengikutnya.......amien ya Robbal 'alamiiin.وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين الى يوم الدين........................
SUMBER: AL NIMAT AL KUBRO 'ALA AL 'ALAM HAL 5 - 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar