Jumat, 11 Juni 2010

Belajar ilmu kalam mengapa tidak….??? Menengok pendapat Ulama Madzhab Hanbali

Rivqi suka ilmu kalam.





جواز تعلم علم الكلام

اء في حاشية الإمام البهوتي على الإقناع (1/459 ط.الرشد):

قوله (فالمحرمة كعلم الكلام) قال ابن حمدان في آداب المفتي والمستفتي: وعلم الكلام المذموم هو أصول الدين إذا تُكُلِّم فيه بالمعقول المحض، أو المخالف للمنقول الصريح الصحيح، فإن تكلم فيه بالنقل فقط، أو بالنقل والعقل الموافقه له فهو (أصل) الدين، وطريقة أهل السنة.

وهذا معنى كلام الشيخ تقي الدين، قال في الآداب الكبرى: ووجدت في كتاب لولد القاضي أبي يعلى ذكر فيه خلافا في المذهب، وكلام الإمام أحمد في ذلك قال: أن علم الكلام مشروع مأمور به، وتجوز المناظرة فيه، والمحاجة لأهل البدع، ووضع الكتاب في الرد عليهم.

وإلى ذلك ذهب أئمة التحقيق القاضي والتميمي في جماعة المحققين، وتمسكوا في ذلك مع (استفتائه) (عن) قول يستند قول يستند إليه بقول الإمام أحمد في رواية المروذي: إذا اشتغل بالصوم والصلاة (واعتزل وسكت عن الكلام في أهل البدع، فالصوم والصلاة لنفسه، وإذا تكلم كان له ولغيره، يتكلم أفضل وقد ألف أحمد كتابا في الرد على الزنادقة والقدرية في متشابه القرآن وغيره، واحتج فيه بدلائل العقول.

وهذا الكتاب رواه ابنه عبدالله، وذكره الخلال في كتابه، وما تمسك به الأولون من قول أحمد فهو منسوخ.

قال أحمد في رواية حنبل: قد كنا نأمر بالسكوت فلما دُعينا إلى أمر ما كان بد لنا أن ندفع من ذلك ونبين من أمره ما ينفي عنه ما قالوه. ثم استدل لذلك بقوله تعالى: (وجادلهم بالتي هي أحسن) وبأنه قد ثبت عن رسله الجدال، ولأن بعض اختلافهم حق وبعضه باطل، ولا سبيل إلى التمييز بينهم إلا بالنظر فعلمت صحته. انتهى.

قلتُ: وكلام ابن حمدان كالجمع بين القولين، وهو أولى من النسخ، ويؤيده رواية المروذي..."

" أ.هـ.





Dalam hasyiyah Al Imam Al Bahuty Al Hanbaly atas kitab Al Iqna'(juz 1 hal 459):

(YANG DI HARAMKAN SEPERTI ILMU KALAM)Ibnu Hamdan berkata dalam kitab "adab al mufty wa al mustafty" :Ilmu kalam yang tercela adalah ilmu kalam yang MURNI berdasarkan LOGIKA atau yang bertentangan dengan al manqul al shorieh al shohieh,adapun bila ber ilmu kalam dengan yang manqul saja atau dengan logika yang sesuai dengan yang manqul (dalil naqly) MAKA YANG DEMIKIAN ITU ADALAH ASHL ADDIN(POKOK AGAMA)DAN METHODE AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH.

Ini adalah ma'na perkataan syekh Taqiyuddin, dan penyusun kitab al adab al kubro berkata:

Aku temukan dalam kitab al qadhy Aby Ya'la(al mujassim)pendapat-pendapat yang berbeda dengan al madzhab(prinsip madzhab Hanbali)padahal Imam Ahmad bin Hanbal berkata:"ketahuilah bahwa ilmu kalam itu berdasarkan SYARI'AT DAN DIPERINTAHKAN DAN BOLEH UNTUK DI DISKUSIKAN DAN BERARGUMEN MELAWAN AHLI BID'AH JUGA MENYUSUN KITAB ILMU KALAM UNTUK MEMBANTAH MEREKA.

Oleh karena itu para ulama ahli tahqiq seperti al qadhy,al tamimy dan sekelompok ahli Tahqiq lain berpegang teguh dengan pendapat imam Ahmad bin Hanbal tadi melalui sanad al marwadzi bahwasanya apaabila seseorang berdiam diri dan menyendiri dalam shalat dan puasanya dan tidak membela dengan ilmu kalamnya maka pahalanya adalah untuk dia sendiri saja.Lain halnya kalau dia membela agama dengan Ilmu kalam dari ahli bid'ah maka itu lebih AFDHOL bagi dia dan yang lainnya.

Imam Ahmad bin Hanbal juga MENYUSUN KITAB ILMU KALAM untuk membantah kaum zindiq dan Qadariyah dalam mas'alah Mutasyabih al Qur'an dan lainnya dan beliau MEMPERGUNAKAN DALIL-DALIL YANG RASIONAL dan kitab ini diriwayatkan oleh Puteranya yaitu ABDULLOH sesuai apa yang telah disebutkan oleh al khollal dalam kitabnya.

Adapun apa yang dijadikan rujukan oleh pengikut-pengikut qoul madzhab Imam Ahmad yang pertama itu telah di mansukh.

Imam Ahmad berkata dalam riwayat Hanbal(keponakannya):

"kami perintahkan untuk berdiam diri,

Namu setelah kami terseret oleh hal yang tidak boleh tidak harus membelanya maka kami pun menerangkan apa yang mesti diterangakan dan menafikan apa yang harus dinafikan,kemudian imam Ahmad beristidlal dengan Firman Allah(dan bantahlah mereka dengan cara yang terbaik)juga bahwasanya telaah tetap bagi para Rosul Allah swt berargumen sedangkan pendapat –pendapat mereka tidak semuanya benar namun ada yang benar dan ada yang bathil sementara tidak ada jalan lain untuk membedakannya kecuali berargumentasi sehingga dapat diketahui mana yang benar dan mana yang bathil.

Aku katakan (al bahuty):perkataan Ibnu hamdan seakan mengkompromikan dua qoul dan itu lebih tepat daripada pendapat adanya mansukh dan ini diperkuat oleh pendapat al Marwadzy……

5 komentar:

  1. Baib, coba cek di Jami' Bayan al-'ilm Wa al-Fadlilah...??
    insyaallah begini: Imam Ibnu Abdil Bar mriwayatkan dr Imam Ahmad, bhwa bliau brkta:tidak akan bruntung slamanya orang yg memplajri ilmu kalam itu kcuali di dlm hatinya ada ktidak beresan...
    Wallahu a'lam Baib.. ini apa maksudnya Baib?
    mohon jelasaken mksud yg sbenarnya dr bliau...

    BalasHapus
  2. maksudnya Ilmu kalam yang pure rasional atau berlawanan dengan dalil Naqly seperti ilmu kalam Mu'tazilah.........

    BalasHapus
  3. Gus Rifqi, kalau Imam Abu Hamid AL Ghozali apakah kesempurnaan tasawuf beliau juga lantaran karena mendalamiilmu kalam?

    BalasHapus
  4. beliau berilmu lengkap,hatta filsafatpun beliau menguasai dengan otodidak....untuk apa beliau mengasai Filasafat.....???dalam kitab maqashid al falasifah beiau menjelaskan agar beliau dapat berargumen dengan para filosof sekuler yang menolak argumen dengan dalil naqly.....

    BalasHapus
  5. Siapakah pencetus ilmu kalam ? Apakah ilmu ini muncul pada zaman sahabat ?

    BalasHapus